Taukah anda Alasan Mengapa Planet Berbentuk Bulat?

Planet Berbentuk bulat, mungkin memang seperti itu bentuknya Planet-planet di dunia ini, tapi apakah anda mengetahui apa penyebab planet berbentu bulat? kenapa tidak berbentuk kotak persegi, atau segitiga saja? nah untuk mengetahuinnya mari kita simak informasi menarik berikut ini


 Planet bumi berbentuk bulat bisa disimpulkan dari kebiasaannya berotasi dan berevolusi terhadap matahari. Bahkan foto dari luar angkasa juga telah membuktikan bahwa bumi berbentuk bulat. Sama dengan bumi, planet lain juga berbentuk bulat namun dengan ukuran yang berbeda-beda, contohnya Jupiter dengan ukurannya yang sangat besar. Apa penyebab planet-planet tersebut berbentuk bulat?

Planet berbentuk bulat karena medan gravitasi yang berpusat pada inti mereka. Sebuah planet berperilaku seperti cairan dimana dalam jangka waktu tertentu akan tertarik ke pusat gravitasinya sebagai akibat gaya tarik gravitasi. Nah, proses tarikan inilah yang memaksa sebuah planet untuk berbentuk bulat dengan menarik semua massa mendekat dengan pusat gravitasi. Proses ini disebut dengan “Isostatic Adjustment” atau penyesuaian isostatik.

Berbeda dengan planet, asteroid yang memiliki tubuh lebih kecil memiliki tarikan gravitasi yang lebih lemah. Gravitasi yang lebih lemah ini tidak mampu melawan kekuatan mekanik asteroid untuk memaksa tubuh asteroid memusatkan massa ke pusat gravitasinya. Akibatnya, badan-badan ini tidak membentuk bola tetapi menjadi bentuk yang tak teratur dan bentuk yang terbisah-pisah.


bagaimana? sudah tau apa alasannya?

sumber : www.ziyadfarhan.com

Postingan populer dari blog ini

Artikel Mengenai Sistem Pemerintahan di Indonesia

Cara Mudah Cek Saldo Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) Online

Lowongan Kerja TV One Bulan Mei 2013 - PT Lativi Media Karya (TVOne)